Jumat, 31 Oktober 2008

tips ampuh menjual blog

Blog. Segalanya bermula di sini... Bagaimana anda ingin diingat? Jika anda menggunakan nama anda untuk blog, sebaiknya itu adalah nama yang mudah diingat, atau anda akan memerlukan usaha yang lebih keras. Cobalah untuk memilih nama yang akan menangkap gambaran mengenai diri anda. Ini kelak akan menjadi merek anda. Jadi tegaslah dalam memilih!

2. Judul. Disamping membuat konten yang luar biasa, menulis judul yang menarik perhatian adalah hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk menarik orang membaca posting anda. Untuk hal yang satu ini anda juga harus berani, buatlah sesuatu yang berbeda, seksi, dan menarik perhatian.

3. Bermanfaat. Ada banyak blog diluar sana, namun tidak banyak yang berguna, kebanyakan hanya membuang waktu anda dengan konten yang tidak bermanfaat. Jadilah berbeda dengan menuliskan sesuatu yang bermanfaat, sehingga banyak pembaca akan berterimakasih kepada anda karena telah memberikan informasi berharga secara gratis. Tanyakan kepada diri anda, "Apakah ini bermanfaat bagi banyak orang?"

4. Kedalaman. Banyak blog yang berisikan posting singkat karena penulis menuliskannya secara terburu-buru. Berbedalah dari lainnya - incarlah sesuatu yang lebih mendalam. Perhatikanlah bahwa penting juga untuk menuliskan sesuatu secara ringkas, karena sesuatu yang terlalu banyak juga jelas tidak baik. Kuncinya adalah menulusuri topik yang sangat berguna lebih dalam dari blog lainnya.

5. Gaya Penulisan. Sementara konten adalah hal yang penting, perhatikan pula gaya penulisan anda. Apakah anda harus menjadi penulis yang cemerlang atau menarik? Sedikit gaya tidak akan melukai anda. Hal yang penting disini adalah jujur kepada diri anda dan kepada para pembaca. Jangan coba menjadi seseorang yang bukan diri anda.

6. Gambaran yang terus diiingat. Disamping judul, anda juga harus membangun gambaran yang akan diingat terus oleh para pembaca. Cobalah untuk mencari gambaran yang dapat ditangkap mata, muncul dalam benak saat menuliskan posting anda. Sesuatu yang lucu, atau heboh akan sangat membantu.

7. Topik aneh. Topik apa yang menjadi bahan blogging orang lain? Jika anda menuliskan topik sejenis, maka anda akan menjadi sama seperti orang lain. Cobalah menuliskan sesuatu yang aneh, berbeda, menarik yang akan mengundang rasa penasaran. Para pembaca akan terpancing untuk membacanya, bukan-nya mengatakan "ini lagi-ini lagi"

8. Kontroversi. Sementara tidak baik untuk menuliskan sesuatu yang sepenuhnya kontroversi, anda dapat melakukan sesuatu untuk mengontrol kontroversi. Anda mungkin akan mendapatkan serangan, namun hal tersebut tidak akan terlalu melukai anda. Kontroversi membuat seseorang berpikir, dan itu adalah hal yang baik.

9. Kepastian Sumber. Daripada memberikan sebagian informasi mengenai topik, berikan semua informasi yang berkenaan dengan topic tersebut. Berikan semua link yang mungkin diinginkan oleh pembaca. Jika anda lebih baik, lebih lengkap daripada yang lainnya, anda akan menang.

10. Berikan ebook secara cuma-cuma. Sebelum anda berhasil menjual ebook anda, pastikan anda telah memupuknya sejak dini. Buatlah ebook yang menarik dan berikanlah secara gratis. Ciptakanlah nilai dan orang-orang akan berterimakasih kepada anda.

11. Desain Minimalis. Banyak blog yang menjejalkan terlalu banyak dengan informasi, gadget, iklan, gambar, dan lainnya. Namun untuk lebih baiknya, cobalah untuk menyingkirkan semua itu. Anda cukup memiliki gambar utama, konten dan beberapa link yang bermanfaat. Diluar itu, sebaiknya anda singkirkan. Desain minimalis dengan banyak warna putih disana akan lebih menarik perhatian mata dan mudah diingat. Atau dengan kata lain berbeda.

12. Jangan beriklan. Cobalah menjalankan sesuatu tanpa iklan. Memang ini adalah keputusan yang sulit. Namun beberapa blog favorit beroperasi tanpa iklan, setidaknya sampai mereka populer. Lagipula iklan semacam itu tidak akan menghasilkan uang banyak pada tahap permulaan.

13. Pembuka yang menarik perhatian. Paragraph pertama dan kedua adalah yang paling menentukan. Itu dikarenakan jika ia tidak menarik, orang tidak akan menggubrisnya. Jika mereka sibuk, mereka tidak akan memiliki waktu untuk membacanya. Namun jika anda mendapatkan perhatian mereka dengan dua paragraph pertama, maka mereka akan terus membaca.

14. Buat orang bercerita. Disamping menjadi kontroversial, anda mau orang-orang berbicara mengenai posting anda. Tulislah sesuatu yang membuat orang lain ingin membicarakannya.

15. Jangan Fokus kepada Uang, Fokus lah kepada Pembaca. Banyak bloger yang melakukan tugasnya untuk uang. Mereka membuat keputusan tanpa memikirkannya terlebih dahulu. Mereka mengutamakan uang diatas para pembaca. Dalam setiap keputusan yang hendak anda buat, tanyakan kepada diri anda, "Apakah saya melakukan ini untuk uang atau untuk pembaca?"

2 komentar:

Imron Rosyidi mengatakan...

wah ide dan tips trik nya layak dicoba, posting adalah sebuah kesenangan, jika memposting adalah sesuatu yang menyenangkan bagi diri sendiri dan orang lain, kayaknya posting jadi kaya main PS dech...tapi tips nya tetep keren abis...salam kenal.

sirpetermarx.blogspot.com mengatakan...

Jadi semangat blogging kasih info terus ya Thanks.